Minggu, 24 Januari 2016

A Time and Place




            Purbalingga, 24 Januari.
            Tempat dan tanggal lahir segelintir orang. Dan dari segelintir orang tersebut, aku mengenal cerita seseorang yang meninggal jauh sebelum aku lahir. Jenderal Soedirman. Aku mengenalnya dari buku-buku sejarah, dan museum kelahirannya di kotaku. Ada lagi yang lahir di tempat dan tanggal itu yang kukenal. Temanku. Dia terlahir di Purbalingga tanggal 24 Januari. Menurutku itu sebuah kebetulan.

Semakin aku mengenal jauh temanku itu, semakin aku berpikir, adakah kesamaannya dengan Jenderal Soedirman? Aku sangat menyukai pelajaran sejarah, sehingga aku penasaran kebenarannya. Dan ketika aku sudah tak mendapat kabar apapun dari temanku setelah lulus SMA beberapa tahun lalu, penelitian itu terlupakan.
Hingga pada seratus tahun peringatan Ulang Tahun Jenderal Soedirman ini, aku teringat kembali akan proyekku saat SMA itu. Tapi, Temanku masih tak terlacak kabarnya. Nomor, alamat, email, facebook, dll. Aku benar-benar tak mendapat informasi berarti.
Hanya beberapa yang masih teringat sekarang. Kesamaan dari temanku dan Jenderal Soedirman adalah: tempat dan tanggal lahir, sangat berminat dengan Bahasa Inggris, cerdas, baik hati, ramah, dan taat beribadah. Selebihnya, ah.... sepertinya tidak ada lagi.
Saat ini, mumpung masih di tanggal dan tempat ini.
                                                                                                           
                                                                                    Purbalingga, 24 Januari 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar